Sabtu, 27 Desember 2008

Refleksi Teknologi


Teknologi?
Y mungkin itulah yang saat ini masih trend dikalangan masyarakat Indonesia.Mungkin anda pernah berpikir bahwa teknologi sangat membantu kita.Baiklah itu tidak salah,tapi apa anda pernah berpikir bahwa teknologi juga membuat seseorang menjadi lebih individualis?
Dari sepanjang pengamatan saya mengenai dampak sosial dari sebuah perangkat teknologi,tidak sedikit orang akan lebih mencurahkan perhatiannya kepada perangkat tersebut ketimbang orang di sekelilingnya.Apakah anda pernah merasa di acuhkan oleh teman,keluarga,istri,suami, dan orang-orang terdekat anda ketika mereka sedang menggunakan sebuah perangkat teknologi?.Apa yang anda rasakan mengenai keadaan ini?.Okelah itu jawabannya pada diri anda sendiri.
Dampak lain dari sebuah teknologi adalah pada perubahan diri seseorang.Ambil contoh orang-orang yang sedang jatuh cinta,mereka tidak henti-hentinya mengunakan perangkat teknologi yaitu sebuah handphone untuk terus bisa menjalin hubungan dengan orang yang mereka senangi.Yang saya khawatirkan orang-orang tersebut konsentrasinya hanya akan tertuju pada perangkat itu.Anda bisa bayangkan jika sehari saja meraka tidak menggunakan alat itu?
Sisi lain lagi dari sebuah teknologi,mereka bisa membantu tapi juga bisa bikin repot.Pernah mendengar bahwa seorang pengajar harus melek teknologi? Tentu pernah lah,di lingkungan sekolah saya ada semacam program dimana masing-masing guru akan mendapatkan laptop.Dari awal munculnya program itu ada yang menyatakan bisa mengikuti tapi juga ada yang nggan.Karena apa? simple saja,mereka yang merasa terbiasa dengan keadaan sebelumnya tiba-tiba harus merubah kebiasaan itu.Tentu sulit sekali terutama bagi para pengajar sudah menginjak masa pensiun.
Sedikit review dari apa yang direfleksikan oleh sebuah perangkat teknologi.Semoga anda senang dengan artikel saya ini,terima kasih.

0 komentar: