Jumat, 30 Januari 2009

Format Ponsel


Jika suatu saat ponsel kita terkena serangan virus, baik karena install software, masuk melalui jalur Wi-fi ataupun bluetooth, bagaimana dan apa yang harus kita lakukan ?

Bila ponsel kita terserang virus dan blm dilengkapi anti virus, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah matikan ponsel, keluarkan mmc bila ada.

Nyalakan kembali ponsel dan cek apakah virus masih tetap ada ? Jika sudah tidak ada berarti virus tersimpan dalam mmc anda, jadi lakukan scan pada mmc anda dengan menggunakan antivirus pada PC anda (virus pada ponsel, kecil kemungkinannya meng-infeksi PC anda) atau menggunakan ponsel lain yang dilengkapi anti virus. 

Jika masih tetap tidak hilang, terpaksa lakukan format mmc melalui komputer dengan menggunakan card reader.

Jika ponsel dinyalakan tanpa mmc masih bermasalah, maka ponsel tersebut harus diformat dengan menggunakan kode-kode khusus.Dengan demikian maka data-data yang ada di ponsel anda akan terhapus juga. Disarankan untuk tidak memback up data selain phonebook karena dikhawatirkan virus sudah merusaknya.
Cara format bisa dilakukan sendiri, untuk seri Nokia tekan *#7370#, atau untuk seri-seri tertentu bisa dilakukan dengan "format tiga jari", yaitu dengan menekan tombol *, yes & 3 secara bersamaan, lalu tekan tombol on/off.

Jika langkah-langkah diatas tadi sudah dilakukan namun belum menyelesaikan masalah, maka langkah terakhir adalah ponsel harus di program/software ulang atau di flash.
Jika sudah sampai pada tahap ini, maka tidak ada data yang bisa di back up.
Langkah terakhir ini menjamin virus ponsel pasti lenyap.

0 komentar: